Kenang Sejarah Revolusi Mental, Santri Gelar Upacara Dibantaran Sungai Brantas

Upacara Dibantaran Sungai Brantas

Jombang, BayuTV Ngajuk – Demi mengingat sejarah perjuangan para santri dijaman kemerdekaan sejumlah santri di Jombang Jawa Timur, Menggelar Upacara Hari Santri di bantaran sungai brantas selasa sore. Mengingat adanya sejarah jika bantaran sungai brantas memiliki sejarah perjuangan santri saat menggaungkan revolusi mental yang menggunakan jalur sungai bratas untuk berdagang dan bersiah.

Beginilah suasana puluhan santri di Desa Jombatan Kecamatan Kesamben Jombang Jawa Timur, saat menggelar upacara peringatan hari santri di bantaran sungai brantas selasa sore.dengan menggelar upacara pengibaran bendera merah putih para santri nampak kidmat dalam menjalankan upacara peringatan hari santri.

Disela – sela upacara mereka juga nampak membacakan ikrar santri dan ditirukan seluruh peserta upacara.mereka mengaku sengaja menggelar upacara di bantaram sungai demi mengingat sejarah perjuangan para santri dijaman kemerdekaan.

Menurut mereka bantaran sungai brantas yang menghubungkan sejumlah Kabupaten di jawa timur ini. memiliki sejarah perjuangan santri saat menggaungkan revolusi mental yang menggunakan jalur sungai bratas untuk berdagang para saudagar dan bersiah.

Mereka berharap dengan digelarnya upacara dibantaran sungai berantas bisa mengingatkan kembali tentang perjuangan.Para santri terdahulu dan santri saat ini agar terus memegang amanah untuk keutuhan NKRI.

 

Reporter : Aan Hidayat (Jombang -Jawa Timur )

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *