Kesenian Tradisional, Pecut Samandiman Khas Kediri

Kesenian Tradisional, Pecut Samandiman Khas Kediri

Kediri | bayutvnganjuk.com – Pementasan pecut samandiman yang dilaksanakan di desa karangrejo kecamatan ngasem kabupaten kediri diawali dengan ritual dan membakar kemenyan sebagai bentuk doa kepada tuhan dan juga leluhur. Dalam ritual beberapa pecut samandiman juga diberi doa agar dalam pementasan diberi kelancaran. Selanjutnya dua pemecut wanita dan laki-laki maju kedepan untuk membunyikan pecut samandiman khas kediri.

Kesenian Tradisional, Pecut Samandiman Khas Kediri

Pecut khas samandiman khas kediri ini selain panjang, besar, berat, juga cara membunyikannya beda dengan daerah lain. rata-rata pecut khas samandiman khas kediri mempunyai panjang sekitar 8 hingga 10 meter dengan berat mencapai hampir dua kilogram. untuk membunyikannya pecut samandiman khas kediri pemecut harus memutar badan dan pecutnya sembilan puluh derajat lalu dihentakkan ke udara sehingga bunyi pecutnya di udara.

Karena masih dalam masa pandemi covid 19, pementasan pecut samandiman khas kediri juga menerapkan protokol kesehatan yang ketat, lokasi pertunjukan dijaga ketat dan penonton juga dibatasi. ( Minggu, 20/06/2021 )

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *