Kesulitan Pakan Hijauan Di Musim Kemarau, Produksi Susu Sapi Perah Turun Hingga 30 Persen

Kesulitan Pakan Hijauan Di Musim Kemarau, Produksi Susu Sapi Perah Turun Hingga 30 Persen

Tulungagung, Bayu TV Nganjuk – Memasuki musim kemarau, produksi susu sapi perah di Tulungagung, Jawa Timur, mengalami penurunan hingga 30 persen, karena ransum pakan hijauan yang kurang. Meski produktivitas susu turun, namun kualitas susu yang dihasilkan, justru meningkat.

Musim kemarau yang mengakibatkan kekeringan, berdampak pada menurunnya produksi susu sapi perah, di Desa Nglurup, Kecamatan Sendang , Tulungagung, Jawa Timur. Sapi perah tersebut, mengalami penurunan produksi antara 20 hingga 30 persen. Jika sebelumnya 1 ekor sapi bisa menghasilkan susu sebanyak 30 liter per hari, kini hanya 20 liter per hari.

Menurut salah seorang peternak sapi perah, menurunnya produksi susu ini, karena kurangnya ransum pakan hijauan. Produksi susu sapi perah, sangat dipengaruhi oleh cukup atau tidaknya pakan hijauan yang diberikan, sedangkan pada musim kemarau seperti ini, rumput di kawasan hutan, banyak yang mengering.

Saat ini, peternak hanya pasrah dengan turunnya roduksi susu, sebab apabila harus membeli rumput, maka ongkos produksi akan bertambah. Satu ikat rumput, kini seharga 17 ribu 500 rupiah, dan 1 ekor sapi membutuhkan minimal 2 ikat rumput per hari. Di luar kebutuhan rumput, biaya pakan 1 ekor sapi, berupa bekatul dan konsentrat, rata-rata sebesar 40 ribu rupiah per hari.

Menurunnya produktivitas susu di musim kemarau ini, masih diimbangi dengan meningkatnya kualitas susu yang dihasilkan. Kadar air di dalam susu jauh berkurang, jika dibanding pada saat musim penghujan. Saat ini, harga susu di tingkat peternak yang dibeli oleh koperasi setempat, di kisaran harga 5 ribu 500 rupiah per liter.

Reporter: Tim Liputan Bayu TV

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *