LIMBAH KORAN BEKAS DI SULAP JADI KERAJINAN BERNILAI EKONOMIS

LIMBAH KORBAN BEKAS DI SULAP JADI KERAJINAN BERNILAI EKONOMISJombang, Jawa Timur

Beginilah Aktivitas para pekerja setiap harinya di rumah kerajinan koran bekas milik Geofani prananta pemuda 23 tahun asal Desa Balongbesuk, Kecamatan Diwek,  Jombang  – Jawa timur.

Para pekerja yang merupakan tetangganya sendiri inilah yang membantu memproduksi kerajinan dari korban bekas milik Geofani. Dalam sehari di rumah produksi koran bekas ini bisa menghasilkan puluhan kerajinan dari koran bekas.

Berbagai macam produk yang dihasilkan seperti kotak tisu, celangan uang, tempat pensil serta fas bunga. Awal munculnya ide memanfaatkan koran bekas ini berawal  saat dirinya melihat banyaknya koran bekas tak terpakai milik ayahnya yang merupakan pelanggan setia koran.

Kerajinan yang awalnya hanya untuk mengisi waktu luang saat liburan kuliah, kini hasil kerajinan milik geofani bisa menjadi penghasilan tetap untuk mencukup biaya kuliahnya.

Dalam sebulan ia mengaku bisa mendapatkan omzet dari 7 hingga 8 juta rupiah, ia mengaku tak sulit untuk memasarkan hasil kerajinannya. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi Geofani lebih banyak memasarkan hasil karyanya melalu toko online.

Hasilnya dalam sehari ia bisa menjual 3 hingga 5 produk hasil karyanya sendiri, satu produk minimal di hargai 40 dan maksimal ratusan ribu, harga bergantung pada bentuk dan kesulitan saat proses pembuatan.

Ia berharap “Dengan berhasil memanfaatkan koran bekas menjadi kerajinan bernilai ekonomis bisa membantu mengurangi sampah dari kertas yang banyak tak terpakai”.

 

Reporter: Aan Hidayat Jombang, Bayu TV Nganjuk

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *