Limbah Medis Di Temukan Menumpuk Ikut Dibuang Di TPA Kedungdowo Nganjuk

Limbah Medis Di Temukan Menumpuk Ikut Dibuang Di TPA Kedungdowo Nganjuk

NGANJUK,  Sejumlah tumpukan sampah yang bercampur limbah medis ditemukan menumpuk di area Tempat Pembuangan Akhir ( TPA ) di Desa Kedungdowo, Kecamatan Nganjuk, Kabupaten Nganjuk. Tumpukan limbah medis tersbut berisikan sejumlah alat pelindung diri seperti masker, sarung tangan dan baju hazmat.

Diduga tumpukan limbah medis tersebut merupakan alat medis bekas penangan Virus Covid-19, tak hanya itu didlam kantong hitam itu juga di terdapat bekas alat pernafasan , kotak bekas obat dan kertas administrasi milik sebuah instansi kesehatan.

Sondongsalah satu pemulung di TPA Kedungdowo menjelaskan, tumpukan kantong hitam yang beriskan sampah bercampur limbah medis tersebut sudah sering di buang di TPA ini, bahkan sejak adanya wabah Virus Covid-19 ini jumlah tumpukan sampah itupun terus bertambah.

Karena merasa kawatir, para pemulung enggan mengurai sampah tersebut dan dia biarkan menumpuk. Terlebih limbah medis tersebut tidak dapat di pilah untuk di jual kembali karena mengandung bahan berbahaya.

Limbah Medis Di Temukan Menumpuk Ikut Dibuang Di TPA Kedungdowo Nganjuk

Sementara itu, Kepala Bagian Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Nganjuk Wisnu anang prabowo mengaku, pihaknya merasa kecolongan dengan di temukannya tumpukan kantong hitam berisi limbah medis tersebut. Sebab selamai ini dinas lingkungan hidup telah melakukan MOU Kepada seluruh instasi Kesehatan di Kabupaten Nganjuk , agar memisahkan dan tidak membuang limbah medis ke tempat pembuangan umum

Atas temuan limbah mesis tersebut, Dinas Lingkungan Hidup telah megirimkan surat teguran ke seluruh instansi kesehatan di Kabupaten Nganjuk. Tak hanya itu, Dinas Lingkungan Hidup juga akan menelusuri asal usul limbah medis tersebut serta meberikan sangsi tegas kepada oknum instansi kesehatan yang sengaja membuang limbah medis ke tempat pembuangan akhir.

 

 

Reporter:

Sofian Hanafi, Nganjuk – Bayu TV Nganjuk

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *