Melestarikan Kuliner Tradisional, Jadah Banyak Diminati Konsumen

Melestarikan Kuliner Tradisional, Jadah Banyak Diminati Konsumen

KEDIRI, Inilah usaha kuliner tradisional jadah milik Indah Setianingsih warga semampir kota kediri. Untuk menarik konsumen, jadah yang merupakan makanan tradisional dan terbuat dari beras ketan serta kelapa muda tersebut ada beberapa varian rasa dan dikemas dalam besek atau kotak dari bambu.

Selain rasa original, jadah buatan Indah juga diberi parutan kelapa dan gula dicampur dengan tempe bacem dibakar di atas tungku serta diberi madu. Kuliner yang memiliki rasa gurih ini merupakan kegemaran para sultan kerajaan. untuk membuat kuliner jadah terlebih dahulu beras ketan direndam dalam air agar empuk.

Melestarikan Kuliner Tradisional, Jadah Banyak Diminati Konsumen

Selanjutnya rendaman beras ketan dikukus dengan api sedang. Setelah setengah matang jadah dicampur dengan kelapa parutan yang sudah diberi garam dan perasa dan lalu dikukus kembali. Setelah masak ketan ditumbuk menggunakan antan agar padat.kemudian jadah ditaruh wadah sambil menunggu dingin.

setelah dingin baru jadah diiris sesuai ukuran yang diinginkan. dan sebelum disajikan atau dikemas jadah diberi varian rasa sesuai permintaan dari konsumen.

Dalam sehari indah bisa memasak 6 sampai 8 kilogram dan bisa menjadi 4 besek atau kotak. Harganya mulai 20 ribu sampai 25 ribu per besek. dan pesanan selain dari Kediri juga kota-kota di Jawa Timur.

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *