NGANJUK – UPACARA MELASTI UMAT HINDU BERDO’A AGAR VIRUS COVID 19 SEGERA BERAHIR

NGANJUK – Meskipun Virus Covid -19 atau Corona Virus telah mewabah disejumlah negara serta daerah di indonesia, namun hal ini tidak mengganggu peribadatan umat hindu di Pura Kerta Bhuana Giri Wilis Desa Bajulan, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk dalam melaksanakan upacara melasti.

Umat hindu harus melaksanakan upacara tersebut, karena merupakan kewajiban dalam agama hindu. Namun dalam kegiatan tersebut tetap mengindahkan intruksi pemerintah untuk sementara waktu tidak bepergian keluar daerah. Dengan melaksanakan upacara yang dibatasi hanya warga serta umat hindu di bajulan serta berlokasi di desa setempat. sedangkan yang berasal dari kediri hanya rohaniawan yang diyakini tidak terjangkit Virus Covid-19, terlebih sebelumnya petugas dinas kesehatan telah melakukan penyemprotan disinfektan dilokasi, sehingga lokasi upacara melasti diyakini telah steril dari virus.

Selain itu umat juga selalu menjaga kesehatan  serta rutin setiap hari mengonsumsi jamu herbal, dan juga dibiasakan rutin pembersihan  tempat di desa tersebut. Dalam upacara ini juga dilaksanakan upacara Mecaru yakni upacara untuk menjaga keharmonisan antara manusia dan alam yang diharapkan akan membuang energi negatif.

Selain itu juga ditampilkan tari rejang dewa yang dibawakan oleh 7 gadis cilik yang masih suci, untuk menyambut para dewa yang turun ke bumi. Dengan dilaksanakannya melasti ini, mereka berharap agar selalu diberi keselamatan sekaligus kemampuan untuk menjalani upacara rutin dalam menyambut tahun baru saka atau yang biasa dikenal dengan hari raya nyepi.

Menurut pemangku Pura Kerta Bhuana Giri Wilis, Damri “ Dalam melasti ini umat hindu juga melakukan do’a bersama yang diambil dari attarwaweda pada mantra 13 dan 16 sebagai penangkal penyakit yang diharapkan bencana Virus Covid-19 ini Segara berakhir”. Dalam rangkaian prosesi ini seluruh sesaji termasuk berbagai jenis hasil bumi dan hewan ternak di buang di sungai seperti makna melasti yang bertujuan untuk melenyapkan seluruh penderitaan masyarakat.

Warga yang sudah menunggu dilokasi langsung berebut seesaji berbagai hasil bumi dan hewan ternak bahkan mereka mencebur ke sungai agar mendapatkan sesaji yang diinginkan.

 

Reporter :

Sofian Hanafi – NGANJUK, Bayu TV Nganjuk

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *