Nilai Ekonomis Beternak Ayam Kalkun

Jombang, Bayu TV Nganjuk – Berawal dari Hobby Wisnu seorang pria asal Kabupaten Jombang Jawa Timur sukses membudidayakan Ayam Kalkun. selain untuk ayam hias  daging ayam kalkun dikenal juga bernilai ekonomis tinggi, untuk bisa sukses membudidayakan ayam jenis ini Wisnu membutuhkan waktu 2 tahun lamanya.

inilah Ayam Hias dan pedaging jenis  Kalkun  hasil budidaya Diki Wisnu 37 tahun, pria asal Desa Keras Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang Jawa Timur. Ya ! berbeda dengan jenis ayam biasanya ayam kalkun memiliki keunikan tersendiri seperti tubuh yang berukuran besar serta bulu yang indah dipandang.

selain pada bentuknya  keunikan lain yang  dimiliki ayam kalkun ialah memili tekstur daging yang lembuh jika dikonsumsi. tak hanya satu jenis ayam kalkun saja yang dibudidayakan Wisnu sedikitnya ada 4 jenis berbeda.

yakni kalkun jenis black spanish white holland, kalkun bronze, serta kalkun bourbrond red. tak hanya pada daging dan bentuknya ternyata ayam kalkun juga bernilai ekonomis dibagian bulunya untuk kerajinan tangan dan barang hias.

Nilai Ekonomis Beternak Ayam Kalkun2

dalam perawatanya ayam jenis ini tergolong mudah dalam sehari – hari Wisnu hanya cukup memberikan makan 2 kali dalam sehari.dengan campuran sayuran serta katul lembut, namun untuk konsumsi makanan ayam kalkun memiliki kebiasan makan lebih banyak dibanding ayam biasa.

nah, masih langkanya ayam jenis ini membuat harganya masih tergolong mahal, dalam usai dua bulan satu ekor ayam kalkun bisa mencapai 600 hingga 1 juta rupiah tergantung jenis dan bentuk ayam.

sementara untuk anak ayam jenis berusia 1 hingga 2 minggu beharga 200 hingga 300 ribu perekor,jika dijual daging, perkilogram ayam kalkun dihargaihingga 70 ribu, tentu saja berternak ayam jenis ini memiliki nilai ekonomis tinggi.

dalam sebulan penghashilan wisnu bisa mencapai  9 hingga 10 juta rupiah. dirinya berharap  peternakanya terus berkembang hingga besar dan menjadi favorit masyarat, bagaimana!  anda ingin mencoba untuk beternak ayam kalkun.

Reporter : Aan Hidayat (Jombang -Jawa Timur )

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *