Patroli Petugas Perhutani Temukan Fosil Kerang Mutiara Purba Berusia Jutaan Tahun Silam

Patroli Petugas Perhutani Temukan Fosil Kerang Mutiara Purba Berusia  Jutaan Tahun Silam

NGANJUK, Niat hati hendak menjalankan tugas berpatroli ke hutan, Susilo seorang petugas perhutani Nganjuk justru tidak sengaja menemukan fosil hewan purba berusia ratusan ribu tahun. Benda-benda cagar budaya yang dilindungi oleh negara tersebut ditemukan secara tidak sengaja di sebuah sungai di tengah hutan, di dalam dinding sungai tersebut petugas  menemukan sejumlah fosil purba seperti  tanduk dan tulang banteng, gading dan gigi gajah.

Tak hanya itu, di lokasi penemuan fosil yang lokasinya saling berdekatan itu Petugas juga menemukan fosil kerang mutiara purba yang kini sudah sangat langka. Fosil fosil purba tersebut ditemukan jauh di tengah hutan jati. di Desa Tritik, Kecamatan Rejoso – Nganjuk. Atas temuan fosil purba ini, petugas perhutani pun langsung melaporkannya ke Dinas Parpora Bud Kabupaten Nganjuk untuk segera di evakuasi.

Patroli Petugas Perhutani Temukan Fosil Kerang Mutiara Purba Berusia  Jutaan Tahun Silam

Mendapat laporan adanya penemuan fosil binatang purba, Amin Fuadi  Kasi Sejarah Museum dan Kepurbakalaan Dinas Parpora Bud Kabupaten Nganjuk langsung mengadakan verifikasi ke lapangaan. Hasil verifikasi sementara fosil mirip kerang laut tersebut adalah jenis Placuna Ephippium yaitu jenis kerang dari kelas Bivalvia berumur jutaan tahun silam. Sedangkan fosil binatang purba yang lain dapat di verifikasi merupakan bagian tulang gajah,  gigi gajah, tanduk bovidae dan bagian panggul gajah.

Dengan ditemukan banyak fosil binatang laut, diperkirakan kawasan hutan tritik dulunya adalah laut yang kini menjadi daratan, sementara dari hasil temuan baru ini akan disimpan di Museum Anjukladang untuk dilakukan kajian ilmiah lebih lanjut.

 

Reporter:

Sofian Hanafi – Nganjuk, Bayu TV Nganjuk

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *