Penemuan Struktur Bangunan Diduga Tempat Perse, Bahan Zaman Kerajaan

Penemuan Struktur Bangunan Diduga Tempat Perse, Bahan Zaman Kerajaan

Nganjuk, Bayu TV Nganjuk – Sebuah tempat keramat atau biasa disebut punden di Nganjuk, Jawa Timur, ditemukan struktur bangunan yang diduga sebuah tempat sembahyang atau persembahan pada masa kerajaan, kamis pagi. Warga pun tidak menyangka jika tempat yang biasa mereka gunakan untuk acara sedekah bumi ini merupakan peninggalan sejarah yang patut dilestarikan.

Tumpukan genting yang menggunung di bawah pohon beringin besar di Desa Katerban Kecamatan Baron inilah, sebuah punden yang warga biasa gunakan untuk kegiatan sedekah bumi menyimpan nilai sejarah yang sangat tinggi.

Ya, di tempat ini warga biasa menggunakan untuk kegiatan selamatan dalam rangka hari jadi desanya. Namun, warga tidak menyangka jika tempat ini yang warga mengenalnya dengan sebutan Mbah Budha adalah sebuah peninggalan sejarah masa kerajaan.

Tim kepurbakalaan Dinas Pariwisata yang mengetahui hal ini langsung melakukan investigasi di tempat yang dikeramatkan warga Desa Katerban tersebut. Hasilnya, petugas menemukan beberapa struktur bangunan yang diduga sebuah tempat peribadatan pada masa kerajaan. Selain itu di sekitar lokasi juga banyak ditemukan pecahan tebikar, keramik, sumur dan patung. Namun banyaknya temuan struktur membuat petugas masih bingung menentukan tempat apakah ini dan akan ber koordinasi dengan tim BPJB dari Jawa Timur untuk mengkaji lebih dalam.

Untuk sementara, petugas menghimbau pada warga agar jangan merusak atau membawa barang-barang yang ada di sekitar lokasi untuk diteliti lebih lanjut oleh tim BPJB Jawa Timur.

Reporter: Sofian Hanafi

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *