Peringati Hari Tani Nasional KTNA JATIM Perjuangkan Kemakmuran Petani

Peringati Hari Tani Nasional KTNA JATIM Perjuangkan Kemakmuran Petani

NGANJUK – bayutvnganjuk.com |  Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Provinsi Jawa Timur, Sumrambah mendorong petani untuk memperkuat kelembagaan petani guna meningkatkan skala usaha dan daya saing petani. Hal ini seperti disampaikan Ketua KTNA Provinsi Jawa Timur, Sumrambah saat menghadiri peringatan Hari Tani dan Hari Ulang Tahun Kontak Tani Nelaya Andalan (KTNA) ke 50, Sabtu (2/10/2021) di Waduk Desa Putukrejo Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk.

Peringati Hari Tani Nasional KTNA JATIM Perjuangkan Kemakmuran Petani

 

Sumrambah menegaskan, pihaknya akan berupaya mendorong perkuat kelembagaan petani. Salah satunya, bermitra dengan pemerintah baik pemerintah provinsi maupun pemerintah daerah untuk mengupayakan kewilayahan produksi agar petani tidak mengalami fase-fase penurunan harga yang justru sering kali merugikan petani.

“Oleh karena itu, kita akan medorong perda tentang kewilayahan produksi yang sudah ada di Jawa Timur agar dijalankan,” terang Sumrambah yang juga Wakil Bupati Jombang.

Selain itu, kata Sumrambah, pihaknya juga berupaya bagaimana mengkomposisikan antara kebutuhan masyarakat dengan hasil produksi petani agar tidak mengalami over produksi sehingga harapannya tidak mengalami penurunan harga.

“Untuk mewujudkan hal itu, satu-satunya cara yaitu dengan menguatkan kelembagaan petani dan melakukan negosiasi dengan pemerintah provinsi maupun daerah agar kewilayahan produksi ini bisa terjadi,” tegasnya.

Masih menurut Sumrambah, KTNA selama ini menjadi penyambung antara pemerintah dengan petani. “Karena kita bermitra dengan pemerintah dalam rangka penataan kelembagaan, transfer knowledge, pengetahuan dan alih teknologi serta kita memberikan ruang informasi bagi poktan dan gapoktan yang merupakan bagian dari KTNA,” pungkas Sumrambah. Sementara itu, Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi menyatakan bahwa sektor pertanian mempunyai kontribusi besar mendukung pembangunan di Kabupaten Nganjuk hingga 34 persen. Oleh karena itu pemerintah memberikan perhatian yang besar pada sektor pertanian.

“Kami berharap, ada dukungan dari semua pihak yang bergerak di bidang pertanian, saling bahu membahu membantu mencarikan solusi untuk memecahkan persoalan-persoalanyang timbul di tingkat petani dalam melakukan kegiatan usaha taninya agar kesejahteraan petani bisa terwujud,” terang Kang Marhaen sapaan akrab Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi.

Kang Marhaen menegaskan, pentingnya kolaborasi semua pihak untuk memajukan pertanian di Kabupaten Nganjuk. “Ayo, gandeng renteng membantu Nganjuk sesuai dengan bidangnya masing-masing dalam rangka membangun Kabupaten Nganjuk menuju masyarakat yang sejahtera,” pungkasnya. Hadir pada acara ini, Plt Bupati Nganjuk Djumadi, Ketua KTNA Jawa Timur Sumrambah, Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk Tatit Heru Tjahjono, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Nganjuk Judi Ernanto, jajaran Forkopimcam dan Kepala OPD terkait. Selain itu hadir pula pengurus KTNA dari kabupaten/kota sekitar.

Acara diawali dengan penanaman pohon secara simbolis di sekitar waduk Desa Putukrejo oleh Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi diikuti Ketua KTNA Provinsi Jawa Timur Sumrambah dan Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk Tatit Heru Tjahjono. Selain itu, di akhir acara, Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi didampingi Ketua KTNA Provinsi Jawa Timur meresmikan pembangunan Gudang Lumbung Pangan Desa Putukrejo,

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *