Pertunjukkan Kesenian Tari Kolosal 1000 Barong Sedot Animo Masyarakat

Pertunjukkan Kesenian Tari Kolosal 1000 Barong Sedot Animo Masyarakat

Kediri, Bayu TV Nganjuk – Dalam rangka Pekan Budaya Dan Pariwisata Kabupaten Kediri tahun 2019, Pemerintah Kabupaten Kediri mengadakan pagelaran tari kolosal. Parade seribu barong diharapkan mampu menyedot animo masyarakat dari dalam dan luar negeri.

Parade seribu barong ini ditandai dengan penyerahan baju kesenian jaranan oleh Ketua Paguyuban Jaranan Nusantara, Hari Pratondo Kepada Wakil Bupati Kediri, Masykuri Ikhsan. Tarian seribu barong atau caplokan merupakan bagian dari ksenian jaranan yang menjadi kesenian khas dari Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Tarian massal ini menggambarkan simbol dari nafsu duniawi manusia yang akan selalu dalam kondisi baik dan positif, apabia bisa dikendalikan dengan baik dan benar. Parade seribu barong sudah dilaksanakan sejak tahun 2012 silam.

Parade seribu barong ini diikuti oleh ratusan grup jaranan se-Kabupaten Kediri dan berbagai daerah di seluruh penjuru tanah air. Salah satunya seniman jaranan yang turut hadir di Kabupaten Kediri adalah, Susan berasal dari Bontang, Kalimantan Timur.

Kesenian barong merupakan sempalan dari salah satu fragmen cerita Panji yang menjadi warisan budaya. Sementara Kediri sendiri merupakan pusat cerita Panji sudah diakui oleh dunia. Pagelaran tari kolosal seribu barong rutin diadakan setiap tahun dalam rangka melestarikan budaya nusantara .

Selain parade seni barong, masyarakat juga dihibur dengan bebergai pertunjukkan seni tari. Seperti misalnya, tari jaranan, rampak ganongan, dan pecut.

Reporter: Tim Liputan Bayu TV

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *