Potensi Alam Yang Berlimpah Desa Banggle Lengkong – Nganjuk

prasasti Desa Banggle Lengkong - nganjuk
.Prasasti Mpu Sindok Desa Banggle Lengkong – Nganjuk

Nganjuk, Bayu TV Nganjuk – Siapa sangka desa banggle yang terletak di Kecamatan Lengkong Nganjuk menyimpan potensi alam yang berlimpah seperti dua prasasti dan sumber asin atau sungai tengah hutan yang mengeluarkan garam, pemerintah bertekat akan menggali potensi tersebut sebagai destinasi wisata.

Desa Banggle merupakan sebuah desa yang terletak di Kecamatan Lengkong Kabupaten Nganjuk, selain desa ini kaya akan potensi alamnya berupa hutan namun di desa ini juga terdapat sejumlah tempat yang berpotensi menjadi tempat wisata yang belum banyak dikunjungi oleh masyarakat nganjuk maupun luar kota.

Setidaknya terdapat 3 tempat yang dapat dikunjungi yakni 2 batu prasasti yang dipercaya merupakan peninggalan mpu sendok yang dahulu kala juga dipergunakan sebagai pertemuan pengikutnya Dan satu lokasi yang dinamakan sumber asin yakni sebuah sungai yang dapat airnya mendidih dan dilokasi tersebut menjadi garam.

sumber asin Desa Banggle lengkong nganjuk
.Sumber Asin Desa Banggle Lengkong – Nganjuk

Untuk menuju lokasi ini cukup dekat sekitar 1 kilometer dari balai desa setempat yang dapat ditempuh menggunakan roda 2 melewati ribun pepohonan hutan desa yang rindah dan elok untuk dipandang.

Warga dan pemerintah desa telah berupaya untuk melesatarikan ke 3 tempat tersebut agar peninggalan sejarah tetap lestari serta potensi alam yang ada agar tetap terjaga.Pada situs tersebut telah diberikan tempat teduh agar dan pagar agar situs tersebut tidak rusak sehingga bagi wisatawan maupun peneliti yang mengunjungi tempat ini dapat melihat maupun mempelajari situs tersebut.

Sedangkan untuk lokasi sumber asin hingga kini masih terjaga setiap musim kemarau dilokasi tersebut selalu mengeluarkan garam yang rasanya lebih asin dari pada garam laut pada umumnya namun meski demikian warga tidak pernah mengambil maupun merusaknya agar dapat dinikmati oleh masyarakat luas keunikan alam tersebut.

Pemerintah dan warga desa menginginkan agar lokasi tersebut dapat ramai dikunjungi wisatawan sehingga perekomian warga sekitar dapat terangkat serta dibangun infrastruktur untuk menuju lokasi tersebut serta penghijauan sehingga mudah dijangkau dan semakin menarik untuk dikunjungi.

Sementara itu di desa ini masih banyak potensi lainya yang belum terekspos dan membutuhkan uluran tangan pemerintah dan diharapkan agar siapun yang berkunjung ke tempat tersebut agar dapat menjaga tempat tersebut demi kenyamanan bersama.

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *