Ramadan Sejumlah Aktivis Memotong Rambut Gelandangan

Ramadan Sejumlah Aktivis Memotong Rambut Gelandangan

Nganjuk, Bayu TV Nganjuk  – Dengan niat yang tulus di bulan suci ramadan yang penuh berkah ini, sejumlah aktivis yang berasal dari ISM,  Lembaga Kajian Hukum dan Perburuhan Indonesia atau LKHPI Nganjuk peduli paguyuban, artis dan musisi anjuk ladang atau padang karyawan swasta, serta wartawan melakukan bakti sosial kepada gelandangan yang berada di emperan toko timur Gedung Juang 45,  Jalan gubernur suryo kelurahan kauman nganjuk.

Para aktivis ini menghapiri gelandangan yang mengaku bernama imam yang belakangan diketahui nama aslinya muin salah satu warga Kecamatan Berbek,  dengan kondisi berpakaian compang camping dan berambut gimbal yang oleh sejumlah aktivis ini diajak bersenda garau agar gelandangan tersebut berkenan untuk dibersihkan.

Para aktivis ini butuh waktu dua hari untuk merayu gelandangan tersebut agar ia bersedia untuk diperhatikan, setelah gelandangan tersebut bersedia mengikuti kemudian dibawa ke Kantor Nganjuk Peduli untuk dipotong rambut gimbalnya,  serta diminta untuk mandi yang setelah itu diberikan sejumlah makan dan baju agar lebih sedap dipandang sehingga terlihat rapi dan bersih seperti kebanyakan orang pada umumnya.

Sebelumnya gelandangan tersebut telah dipantau oleh salah satu aktivis LKHPI selama 6 tahun yang pertama kali diketahui di Alun-Alun Nganjuk kemudian berpindah di sekitar Adipura Kecamatan Loceret, Jalan Ahmad Yani Nganjuk dan terakhir di emperan toko timur gedung juang 45 tersebut. Meskipun mungkin oleh masyarakat pada umunya memandang gelandangan tersebut sebelah mata, namun bagi para aktivis tersebut gelandangan ini diperlakukan sama selayaknya manusia normal sehingga antara mereka telah terjalin ikatan persaudaraan.

Menurut aktivis LKHPI Nganjuk, mengatakan kegiatan yang bersifat sosial ini dikarenakan merasa kasihan dengan kondisi gelandangan tersebut yang tidak ada orang lain berkeinginan membantu memotong rambutnya serta membersihkan badannya. namun setelah mendapat perhatiaan dari para aktivis tersbut gelandangan tersebut terlihat rapi sama seperti masyarakat pada umumnya yang diharapkan dapat bergaul dengan orang lain pada umumnya.

Meskipun kin gelandangan tersebut terlihat bersih dan rapi serta berkeinginan untuk kembali menggelandang di depan toko seperti sebelumnya  namun ia akan terus dipantau oleh para aktivis tersebut.

 

Reporter :

Sofian Hanafi – Nganjuk, Bayu TV Nganjuk

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *