Ratusan Warga Banjardowo Berebut Gubungan Hasil Bumi Di Punden

Ratusan Warga Banjardowo Berebut Gubungan Hasil Bumi Di Punden

Nganjuk, Bayu TV Nganjuk – Tradisi unik dan sakral tengah dilakukan warga Desa Banjardowo Kecamatan Lengkong Kabupaten Nganjuk, dengan membawa gunungan hasil bumi dan berbagai makanan ke makam punden leluhur mereka, ribuan masyarakat menggelar slamatan di makam. Tradisi ini nampak unik dikarenakan setelah menggelar slamatan di punden, dan makan bersama, ratusan warga berebut gunungan hasil bumi.

Tak hanya terkenal dengan sebutan kota angin, tapi Kabupaten Nganjuk selalu hadir dengan nuansa adat dan budaya, seperti yang dilakukan masyarakat Desa Banjadowo Kecamatan Lengkong kali ini. Tradisi unik dan sakral, dengan membawa gunungan hasil bumi dan berbagai makanan ke Makam Punden Mbah Yai Saya Urang leluhur mereka, ribuan masyarakat menggelar slamatan di makam. Sudah menjadi agenda rutinan sejak zaman nenek moyang untuk mengadakan agenda selamatan desa, ratusan makanan berbungkus daun pisang, berjajar di pelataran makam Dusun Jerukwangi di Punden Mbah Yai Saya Urang leluhur mereka, kemudian warga saling duduk melingkar untuk memanjatkan doa sebagai bentuk rasa syukur mereka, dan dilanjutkan dengan makan bersama di makam.

Tradisi ini nampak unik dikarenakan setelah menggelar slamatan di punden, dan makan bersama, ratusan warga berebut gunungan hasil bumi yang sudah disiapkan.

Tohari, salah seorang masyarakat mengungkapkan, rebutan gunungan baru diselenggarakan tahun ini, yang dulu hanya slamatan saja, tahun ini nampak meriah menumbuhkan nuansa ada dan semangat warga, semua itu tak terlepas dari ide Sutrisno, kakak dari anggota dewan yang terpilih. Selain rebutan gunungan hasil bumi, masyarakat juga dihibur dengan kesenian karawitan, yang mengiringi prosesi adat slamatan warga.

Selain ribuan warga Desa Banjardowo yang mengikuti tradisi tersebut, nampak hadir dalam cara tersebut, Sugeng Dono Prasojo Camat Lengkong, Akp Pramono Kapolsek Lengkong, Rajikan Danramil Lengkong, Warsidi Kepala Desa Banjardowo, Sutrisno mantah Kades Kemlokolegi dan Purwanto anggota dewan yang terpilih .

Reporter: Sofian Hanafi

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *