Respon TNI Polri Di Daerah Terkait Intruksi Presiden Untuk Mengatasi Karhutla

Respon TNI Polri Di Daerah Terkait Intruksi Presiden Untuk Mengatasi Karhutla

Nganjuk, Bayu TV Nganjuk – Setelah kemarin Presiden Joko Widodo, Jokowi memerintahkan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk mencopot anak buahnya yang tak bisa mengatasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Perintah tersebut disampaikan Jokowi saat memberikan sambutan dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Kebakaran Hutan dan lahan di istana negara, hal tersebut direspon cepat oleh jajaran TNI serta kepolisian di daerah, seperti yang dilakukan anggota Polsek Ngluyu serta Koramil Ngluyu Kabupaten Nganjuk, petugas yang di pandu babinsa serta Babinkabtibmas sosialisasi warga, dan menyusuri hutan ikut turun serta memadamkan kebakaran hutan dan lahan dengan alat seadanya.

Dengan berkordinasi dengan Pemerintah Kecamatan, perhutani, petugas yang dipandu Babinsa serta Babinkabtibmas menyusuri hutan ikut memadamkan kebakaran hutan dan lahan.

Dengan menggunakan alat seadanya serta tangki air yang biasa dibuat mengobati tanaman, mereka rancang agar bisa dipergunakan untuk memadamkan api, mereka menyusuri hutan serta lahan dan ikut memadamkan kebakaran.

Diketahui Kecamatan Ngluyu merupakan daerah pegunungan serta 80 persen wilayahnya terdiri dari hutan, hal ini ditegaskan langsung oleh Iptu Roni Kapolsek Ngluyu, menurutnya pihaknya selain ikut turun langsung bersama TNI dan perhutani memadamkan hutan, Polsek dan Koramil memberikan himbauan larangan pembakaran hutan serta pembukaan lahan dengan cara dibakar yang mengakibatkan kebakaran hutan.

Seperti diungkapkan Kapolsek Ngluyu, setelah sosialisasi para warga, dan turun langsung memasang himbauan larangan dan pemadaman kebakaran, petugas tegas akan menindak pelaku pembakaran hutan dan lahan seperti tertera di pasal, UU Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan, Pasal 78 ayat 3 berisi, pelaku pembakaran hutan dikenakan sanksi kurungan 15 tahun dan denda maksimal Rp 5 miliar.

Reporter: Sofian Hanafi

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *