Ritual Petilasan Jayabaya 1 Suro ditiadakan

Ritual Petilasan Jayabaya Ditiadakan

bayutvnganjuk.com | Kediri – Petilasan atau Pamuksan Sri Aji Joyoboyo yang berada di Desa Menang, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri, ditutup sejak pemerintah resmi memperpanjang PPKM  Level 4. Pintu gerbang menuju lokasi petilasan ditutup dan dipasang banner penutupan.

Ritual Petilasan Jayabaya 1 Suro ditiadakan

Padahal di bulan Muharom atau bulan suro yang sebentar lagi tiba, Petilasan Sri Aji Joyoboyo selalu diadakan ritual berupa upacara tradisional untuk mengenang dan menghormati seorang Raja Sri Aji Joyoboyo yang pernah memerintah di kerajaan Khadiri. Karena saat ini masih dalam masa pandemi dan pemberlakukan PPKM Level 4, maka ritual di petilasan Sri Aji Joyoboyo ditiadakan.  Penutupan ini untuk mendukung upaya pemerintah dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid-19.

Seperti diketahui maharaja jayabaya adalah raja kadiri yang memerintah sekitar tahun 1135-1157. Sri Aji Jayabaya turun tahta pada usia tua. ia dikisahkan moksha di Desa Menang Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri dan tempat petilasannya tersebut dikeramatkan oleh penduduk setempat dan masih ramai dikunjungi sebagai wisata religi.

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *