“Sambang Desa” Inilah Cara Bupati Nganjuk Membangun Desa

"Sambang Desa" Inilah Cara Bupati Nganjuk Membangun Desa

Nganjuk, Bayu TV Nganjuk – Berbagai cara dilakukan Bupati Novi Rahman Hidayat untuk mendengar langsung keluh kesah warganya. Seperti yang dilakukan saat ini, dengan tajuk sambang desa selain memberikan pelayanan kepada masyarakat, bupati juga mendengar langsung masalah yang didengar masyarakat.

Kali ini bupati memilih lokasi yang jauh dari Kota Nganjuk, yakni di Desa Bendolo, Kecamatan Sawahan. Lokasinya yang cukup jauh dan berada di daerah pegunungan Wilis. Bersama rombongan sejumlah OPD terkait kedatangan bupati disambut reog dan jaranan, salah satu kesenian khas Jawa Timur. Di lokasi ini bupati juga memberikan pelayanan kepada masyarakat diantaranya.

Pengecekan kesehatan warga, pembuatan KTP, KK, pembuatan sim, pengurusan pajak kendaraan, donor darah, dan sebagainya. Sambang desa ini merupakan program yang digagas Bupati Nganjuk dan Wakil Bupati Nganjuk untuk lebih mendekatkan kepada warga, terutama ke daerah yang cukup jauh dari jangkauan administratif. Selain memberikan pelayanan, Bupati dan Wakil Bupati Nganjuk juga memberikan bantuan berupa beras PKH kepada warga yang berada dibawah garis kemiskinan. Bupati juga mengatakan kepada warga untuk berperan aktif mengawasi dalam penggunaan alokasi dana PKH, terutama melaporkan warga yang seharusnya tidak layak tapi justru mendapatkan bantuan, atau sebaliknya warga yang layak mendapatkan bantuan, tapi sampai saat ini tidak bisa merasakan.

Di pelosok desa rata-rata masyarakat bertani, dari seluruh perbincangan dengan warga rata-rata mereka meminta kepada Pemkab Nganjuk untuk memperhatikan nasib mereka yang selama ini menggantungkan dari sektor pertanian.

Sementara di sektor lain, warga meminta infrastuktur tidak hanya bisa dinikmati di wilayah perkotaan, untuk di daerah atau di desa warga juga meminta kesempatan yang sama yakni infrastruktur yang baik, baik penganggaranya diambilkan dari APBD atau Dana Desa.

Penyerapan aspirasi warga, menurut bupati dinilai cukup penting, agar tahu kondisi riil di lapangan, dan prioritas apa yang dibutuhkan warga di sekitar. Dengan langkah seperti ini bupati mengaku nantinya bisa memberikan pelayanan yang cepat dan tepat kepada warga yang membutuhkan. Selain memberikan pelayanan serta mendengarkan aspirasi warga secara langsung, bupati juga sholat ashar, magrib, isya berjamaah bersama warga dan memberikan bantuan sembako kepada warga miskin dan yatim piatu.

Acara sambang desa ditutup dengan makan bersama warga, dan serasehan yang dihadiri seluruh warga desa. Warga berkesempatan menyampaikan aspirasi warga kepada Bupati Nganjuk.

Nantinya Bupati Nganjuk berkeinginan mengangkat potensi Desa Bendolo di sektor pariwisatanya, dikarenakan daerah Sawahan nantinya terdapat proyek strategis nasional jalur lingkar wilis, yang menghubungkan beberapa kabupaten.

Reporter: Sofian Hanafi

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *