SD Kekurangan Siswa Hari Pertama Masuk Sekolah Sepi

SD Kekurangan Siswa Hari Pertama Masuk Sekolah Sepi

Jombang, Bayu TV Nganjuk – Sistem zonasi penerimaan siswa baru, yang diterapkan pemerintah, nampaknya belum bisa memberikan pemeratan terhadap penerimaan sekolah dasar. Seperti yang terjadi di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, salah satu sekolah dasar kekurangan murid. Hasilnya, di hari pertama masuk sekolah ini, hanya ada 2 siswa baru saja yang terdaftar.

Inilah suasana sekolah dasar di SDN Sumberaji 2 Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang Jawa Timur, yang nampak sepi di hari pertama masuk sekolah. Tidak ada suasana orang tua siswa yang biasanya ramai di hari pertama kali masuk sekolah, untuk mengantarkan anaknya. Rupanya, di sekolah ini hanya terdapat 2 orang siswa baru yang tercatat sebagai siswa baru di hari pertama masuk sekolah. Hasilnya, sejumlah bangku sekolah yang sudah diseiapkanpun, kosong tanpa ada siswanya. Dari 3 orang yang sebelumnya terdaftar, 1 siswa lainya mengundurkan diri karena belum cukup mental dan usia untuk menempuh pendidikan di bangku sekolah. Sejumlah gurupun mengaku pasrah karena keberadaan sekolah yang berada di wilayah terpencil, sehingga tidak ada orang tua siswa lain yang melirik untuk mendaftarkan anaknya di SDN 2 Sumberaji. Selain kekurangan murid di tahun ajaran baru. Juga terdapat 3 kelas yang kosong tanpa siswa, yakni kelas 2,3 dan kelas 6. Sebab, sudah ditinggal para siswanya lulus sekolah dan naik kelas ketingkat selanjutnya. Saat ini, dari kelas satu hingga kelas 6 Sekolah Dasar Negeri Sumberaji 2 hanya memiliki 12 siswa.

Meski sudah sering diberikan keyakinan kepada masyarakat setempat untuk menyekolahkan anaknya, para orang tua belum menyadari tentang pentingnya pendidikan.

Reporter: Aan Hidayat

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *