Terdampak Musim Penghujan Petani Di Nganjuk Bagikan Hasil Panen Kacang Tanah Kepada Warga Secara Gratis

Terdampak Musim Penghujan Petani Di Nganjuk Bagikan Hasil Panen Kacang Tanah Kepada Warga Secara Gratis

NGANJUK, Dampak musim penghujan dirasakan oleh Jawadi, salah satu petani kacang tanah warga Desa Kedungombo, Kecamatan Tanjunganom, Kabupaten Nganjuk. Betapa Tidak, tanaman kacang tanah dilahan seluas seperempat hektar miliknya rusak terendam air hujan. Akibatnya,buah kacang tanah yang seharusnya panen di usia tiga bulan ini justru membusuk dan tidak bisa di panen.

Meski tanaman kacang terlihat sehat dan segar, namun saat dicabut hasil buah kacangnya tidak terlihat normal. Buah kacang tanah banyak yang terlihat masih muda dan belum siap di panen, bahkan banyak juga yang membusuk. Derita Jawadi sebagai petani pun semakin bertambah di saat mengalami gagal panen harga jual kacang tanah pun juga sangat rendah, harga kacang tanah basah di tingkat petani mencapai 3000 hingga 5000 per kilogramnya, sedangkan harga kacang tanah kering 9000 hingga 11.000 rupiah per kilogram nya.

Jawadi, petani kacang tanah menjelaskan gagal panen ini disebabkan karena hujan deras yang mengguyur desanya beberapa minggu terakhir. Karena kondisi lahan sawah yang berada di dataran rendah membuat genangan air merendam tanaman kacang tanah miliknya. Akibatnya, buah kacang yang seharusnya siap panen justru malah membusuk.

Karena harga jual kacang terlalu rendah yang tidak sebanding dengan biaya perawatan, Jawadi pun berinisiatif membagikan hasil panen kacangnya kepada masyarakat sekitar. Iapun mempersilahkan para warga mengamibil tanamanan kacang untuk pakan ternak maupun buah kacang tanah yang masih ada secara gratis.

Jawadi berharap, di tengah pandemi covid 19 ini pemerintah lebih memperhatikan nasib para petan, mulai dari ketersediaan pupuk hingga harga jual hasil panen yang stabil.

 

Reporter :

Sofian Hanafi – Nganjuk, Bayu TV Nganjuk

Post Author: admin

Bayu TV Nganjuk adalah sebuah stasiun TV Lokal yang berkantor di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk - Jawa Timur. Siaran BAYU TV bisa dinikmati masyarakat Kab Nganjuk dan kota sekitarnya dengan frekwensi 647.25 Mhz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *